SELAMAT DATANG DI...

>>> IPOET SITES <<<

Sabtu, 03 Januari 2015

Jenis Laptop Berdasarkan Spesifikasi dan Kebutuhannya

Seiring perkembangan jaman kebutuhan akan teknologi dengan tingkat mobilitas tinggi semakin dibutuhkan, sebab itulah banyak orang yang lebih memilih untuk menggunakan laptop (komputer portabel) ketimbang desktop (komputer non-portabel). Jika anda hendak membeli laptop sebaiknya anda mengetahui jenis laptop apa yang anda butuhkan, karena beda jenis beda pula spesifikasi yang dimiliki laptop tersebut. Ada berbagai jenis laptop yang beredar di pasaran, mulai dari laptop multimedia yang biasa digunakan sehari-hari untuk presentasi & menulis tugas sekolah / kuliah, laptop gaming yang digunakan untuk memainkan game, hingga laptop workstation yang digunakan untuk mendesain dengan kalkulasi yg tinggi. Untuk membedakannya terdapat 3 hal yang bisa dijadikan patokan, yaitu bagian Processor, RAM (Random Access Memory), dan GPU (Graphic Processing Unit) atau yang sering di sebut VGA.



Laptop Multimedia

Laptop jenis ini yang paling mudah ditemui di pasaran, laptop ini biasa digunakan untuk mengetik naskah, menyusun presentasi, menjelajah internet, menonton film, dll. berikut adalah spesifikasi yang dimiliki laptop ini:

Processor: Intel Atom / Intel Core 2 Duo / Intel Core i3 (generasi-3) / AMD A4 / dls.
RAM: 2-4 GB (ddr2 / ddr3)
GPU: Intel HD Graphic family / nvidia GeForce 600M series / AMD HD 7000M series / dls. (1GB ddr3)

Laptop Gaming

Sedikit cerita, ada seorang ayah yang ingin memberikan hadiah sebuah laptop gaming yang diingin kan anaknya. lalu ayahnya pergi ke mall dan bilang ke penjual laptop dan berkata, "mas / mbak ada laptop untuk main game tidak ?" lalu penjual menjawab "ada, yang A harganya x-juta, yang B harganya y-juta, yang C harganya z-juta, mau yang mana pak ?", "yang B aja." jawab sang ayah. Sesampainya di rumah laptop tersebut diberikan ke anaknya, dengan wajah gembira lantas sang anak menginstall game yang ingin di mainkannya. setelah game terinstall anak tersebut mencoba memainkannya namun anak tersebut kecewa karena game tersebut tidak bisa dimainkan karena ada spesifikasi yang tidak kompatibel dengan game yang dimainkan. siapa yang kecewa ? tentu saja ayah dan anaknya, siapa yang salah ? penjual ? ayah ? atau anaknya ? tidak ada yang salah, ini hanya miskomunikasi saja.

Perlu diketahui bahwa laptop gaming itu sendiri memiliki 3 tipe:

1. Low-entry
Tipe ini biasa di gunakan untuk memainkan game-game ringan, berikut spesifikasinya:
Processor: Intel Dual Core (pentium 4) / Intel Core i3 (generasi-4) / Intel Core i5 / AMD A6 / dls.
RAM: 4-6 GB (ddr3)
GPU: nvidia GeForce GT 600M series / AMD HD 8000M series / dls. (1GB ddr3)

2. Mid-range
Tipe ini biasa digunakan untuk memainkan game yang lumayan berat dan memiliki kualitas grafis yang lumayan tinggi, berikut spesifikasinya:
Processor: Intel Core i7 (generasi-3) / AMD A8 / dls.
RAM: 8-12 GB (ddr3 / gddr5)
GPU: Intel Iris Pro 5000 series / nvidia GeForce GT 700M series / nvidia GeForce GTX 700M series / nvidia GeForce GTX 600M series / AMD R5 M200 series / dls. (2GB ddr3 / gddr5)

3. High-end
Tipe ini digunakan untuk memainkan game berat dan kualitas grafis yang sangat tinggi, berikut spesifikasinya:
Processor: Intel Core i7 (generasi-4; quad core) /AMD A10 / dls.
RAM: 16-32 GB (gddr5)
GPU: Intel Iris Pro 6000 series / nvidia GeForce GTX 800M series / nvidia GeForce GTX 900M series / AMD R7 M200 series / AMD R9 M200 series / dls. (4GB gddr5 SLI mode pada nvidia & CrossfireX pada AMD)

Laptop Workstation

Nah laptop jenis ini sama halnya seperti laptop gaming, memiliki 3 tipe. yang membedakan hanyalah kebutuhan akan performa processor dan sifat GPU nya, jika laptop gaming menggunakan GPU bersifat "reader" maka pada laptop workstation menggunakan GPU bersifat "writer" atau bahasa design nya "render". sedikit gambaran, pernahkah anda menonton film animasi entah itu 2D / 3D yang gambarnya terkesan "nyata"? atau anda pernah melihat gambar sebuah bangunan / benda / kendaraan keren yang terlihat "sangat nyata" namun sebenarnya bangunan / benda / kendaraan tersebut tidak pernah ada di dunia nyata? inilah kemampuan dari GPU yang bersifat writer / render.

"loh laptop saya menggunakan GPU yang bersifat reader tapi bisa digunakan untuk membuat video dengan kualitas FullHD 60fps / membuat animasi 3D yang lumayan bagus?". ketahuilah jika demikian processor laptop andalah yang bekerja ekstra keras, karena kinerja GPU yang bersifat reader terbatas jika digunakan untuk rendering. jika dibandingkan hasil rendering dari GPU yang bersifat reader kalah jauh dengan hasil rendering dari GPU yg bersifat render. Nah, langsung saja berikut tipe laptop workstation beserta spesifikasinya:

1. Low-entry
Tipe ini biasa di gunakan untuk membuat gambar bitmap & vektor 2D / 3D, membuat animasi 2D / 3D, dan editing video sederhana, berikut spesifikasinya:
Processor: Intel Core i3 (generasi-4) / AMD A6 / dls.
RAM: 4-6 GB (ddr3)
GPU: nvidia Quadro K500M series/ nvidia Quadro K600M series / AMD FirePro M4000 series / dls. (1-2GB ddr3 / gddr5)

2. Mid-range
Tipe ini biasa digunakan untuk mendesain bangunan / mesin / benda yang kompleks dengan kalkulasi yang lumayan tinggi, membuat animasi 2D / 3D dengan kualitas tinggi, editing video dengan kualitas grafis yang sangat tinggi, berikut spesifikasinya:
Processor: Intel Core i5 (generasi-4) / AMD A8 / dls.
RAM: 8-12 GB (ddr3 / gddr5)
GPU: nvidia Quadro K1000M series / nvidia Quadro K2000M series / AMD FirePro M5000 series / dls. (2GB gddr5)

3. High-end
Tipe ini digunakan untuk membuat desain yang sangat kompleks dengan kalkulasi yang tinggi, membuat film animasi 3D dengan kualitas sangat tinggi, mendesain game dengan kualitas grafis yang sangat tinggi, berikut spesifikasinya:
Processor: Intel Core i7 (generasi-4; quad core) /AMD A10 / dls.
RAM: 16-32 GB (gddr5)
GPU: nvidia Quadro K3000M series / nvidia Quadro K4000M series / nvidia Quadro K5000M series / AMD FirePro M5000 series / dls. (4-8GB gddr5)

Nah sekarang anda sudah tahu apa saja jenis dari laptop yang ada di pasaran, laptop apa yang sebenarnya anda butuhkan, dan laptop seperti apa yang akan anda gunakan, semoga mermanfaat.

ket,
- dls: dan lainnya yang setara.
- spesifikasi diatas dapat berubah sesuai dengan pembaruan dari perusahaan / pihak developer terkait.

2 komentar:

  1. Terima kasih infonya gan
    Kalau membuat kartun masha and the bear pakai prosesor yang mana tu gan?

    BalasHapus
  2. Bagus banget gan, klo bisa diperbaharui terus...

    BalasHapus