SELAMAT DATANG DI...

>>> IPOET SITES <<<

Selasa, 22 Oktober 2013

Usaha / Pekerjaan Sampingan Untuk Mahasiswa dan Pengangguran

Sebagai seorang Mahasiswa maupun pengangguran sudah sewajarnya punya keinginan untuk hidup mandiri, terutama kemandirian dalam hal perekonomian. Okee.. langsung aja ga usah banyak kata-kata mubazir, berikut adalah beberapa peluang usaha sampingan offline dan online untuk Mahasiswa bahkan para pengangguran sekalipun.





Offline:

1. Penulis lepas / Freelace Writer, bagi kamu-kamu yang suka menulis karangan / artikel usaha ini cocok untukmu. Selain bisa menyalurkan hobi kamu juga bisa mendatangkan uang lewat hobi kamu. Hanya dengan bermodalkan laptop / notebook dan flashdisk kamu sudah bisa membuka usaha ini. Atau paling minim banget dengan buku tulis dan flashdisk, tulis artikel kotor kamu di buku tulis lalu pergilah ke warnet atau minjem laptop / notebook milik teman kamu untuk mengetik artikel bersih kamu.

2. Jual makanan ringan, buat para Mahasiswa usaha ini cukup menjanjikan. Ada beberapa jurusan yang kuliahnya berangkat pagi pulang sore, dan pastinya mereka akan merasa kelaparan. Kamu bisa menjual makanan ringan namun agak berat kepada mereka dengan harga yang lebih murah dari harga di kantin, tetapi kamu juga harus mendapatkan keuntungan. Atau kamu bisa menitipkan barang dagangan kamu di kantin jikalau kamu tidak mau repot.
Catatan: jika kamu menjual makanan jangan lupa minumannya, biar gak seret (saran konsumen).

3. Desain dan jual stiker, Eiiittss.. jangan anggap remeh usaha ini, di balik kesederhanaannya ternyata keuntungannya lumayan besar. Kamu bisa mendesain / membuat stiker untuk identitas fakultas (untuk mahasiswa), komunitas atau organisasi, dan stiker-stiker unik lainnya. Untuk menjalankan usaha ini kamu hanya perlu laptop / PC dengan aplikasi pengolah gambar vektor dan bitmap, dan mencetaknya di tempat percetakan. Usaha ini akan sangat cocok dan bermanfaat bagi mahasiswa jurusan DKV (Desain Komunikasi Visual).

4. Jual pulsa, untuk usaha yang satu ini mungkin sudah banyak yang tau jadi saya tidak perlu menjelaskan panjang lebar.

5. Reseller / agen, usaha yang satu ini mungkin memerlukan modal yang relatif agak banyak. Kamu bisa menjadi reseller / agen produk kaos, keripik, kosmetik, dll. Kamu perlu perencanaan strategi pemasaran untuk menjalankan usaha ini. Mahasiswa FEB tentunya bisa menggunakan ilmunya di bidang ini.

6. Meracik dan menjual parfum, bagi kaum hawa mereka tentunya akan selalu menjaga penampilannya. Tidak jarang mereka memakai wewangian parfum untuk menambah kecantikan dan daya tarik mereka. Jika kamu tau cara meracik parfum dan tempat untuk membeli bibit minyak wangi, maka kamu sudah bisa menjalankan usaha ini. Kamu juga bisa melayani jasa isi ulang parfum / refill parfum.

7. Membuat handycraft dari barang bekas, kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai di sekitarmu untuk di daur ulang menjadi barang yang memiliki fungsionalitas dan bernilai ekonomis. Contoh, kamu bisa membuat lampu tidur dengan menggunakan botol bekas minuman yang bisa kamu bentuk sedemikian rupa dan memiliki warna yang beragam dan kamu bisa menjualnya kepada teman-temanmu untuk di pasang di kamar. Kamu juga bisa mendaur ulang kertas-kertas bekas yang tidak terpakai menjadi sebuah kerajinan tangan seperti patung, hiasan dinding, dll.

Online:

1. Bloging, kamu punya blog yang punya banyak artikel dan ramai pengunjung alias trafiknya tinggi ? kenapa nggak masang iklan ??. Kamu bisa memasang iklan PPC (Pay Per Click) atau memasang iklan produk usaha milikmu sendiri maupun orang lain dengan biaya sewa yang tentunya harus di bayarkan kepadamu.

2. Dropshiping, prinsipnya sama seperti menjadi reseller. Hanya saja kamu tidak perlu mengeluarkan modal dan menyediakan tempat untuk stok barang, kamu akan di beri katalog produk dan prosedur pelaksanaannya. Usaha ini sangat cocok untuk kamu yang aktif di dunia Social Media seperti fb, twitter, G+, dll.

3. Website maker, kamu mahasiswa Tek. Informatika ?? kenapa tidak menggunakan keterampilanmu ?? Kamu bisa membuka jasa pembuatan website. Mengingat betapa pesatnya perkembangan dunia internet di Indonesia dan di dunia, usaha ini cukup menjanjikan.

4. Survey online, kamu hanya perlu menjawab beberapa pertanyaan dari situs penyedia layanan tersebut dan kamu akan mendapatkan bayaran setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang di sediakan. Dan tentunya kamu perlu mendaftar dulu menjadi anggota.

5. Operator warnet, walaupun gajinya tidak seberapa tetapi pekerjaan ini bisa sangat bermanfaat bagi mahasiswa. Kamu bisa mencari bahan-bahan refrensi untuk mengerjakan tugas-tugas kuliah di saat sedang bekerja. Dan tentunya untuk menjadi operator warnet kamu perlu mengetahui tentang seluk beluk jaringan komputer.

6. Afiliasi, Hampir sama dengan dropshiping namun ada perbedaannya. Yaitu, barang yang kamu jual langsung dari websitenya (contoh salah satu situs afiliasi adalah amazon.com). Bisnis afiliasi menggunakan sistem komisi, jadi jika kamu berhasil menjual barang kepada konsumen maka kamu akan mendapatkan komisi sebesar yang telah di tentukan oleh pihak penjual, kamu hanya menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Jadi kamu akan menjadi seperti makelar namun bekerja secara online.


Nahh.. sebenarnya masih banyak lagi Usaha dan pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa dan pengangguran. Namun karena keterbatasan saya tidak bisa menyebutkan semuanya. Jika kamu punya ide usaha yang lain silahkan di renungkan matang-matang dan semoga bisa di realisasikan dengan berhsil. Jadi cukup sekian, semoga bermanfaat. ^_^

2 komentar:

  1. Halo, apa kabar? Tahu kah anda, anda bisa mendapatkan tambahan income Rp 20jt – Rp 80jt tiap bulan, dan lebih hebat lagi jika itu bisa anda lakukan di rumah saja hanya dengan meluangkan waktu 2-3 jam, ingin tahu info selengkap nya? Dan lebih hebatnya lagi anda bisa menyertakan apapun bisnis anda di web dan web anda dikenal di seluruh negara ... GRATIS ... Kunjungi http://danarto.MySpecialWebsite.com

    BalasHapus