SELAMAT DATANG DI...

>>> IPOET SITES <<<

Jumat, 07 Oktober 2011

Cerpen Akhlak Mulia


     Berikut ini adalah sebuah cerita pendek yang mungkin dapat membuat kita bisa lebih baik dan berakhlaq mulia:

     Ada 2 orang kakak beradik, mereka berdua adalah yatim piatu. Mereka telah lama di tinggal kedua orang tuanya, kini mereka tinggal bersama di rumah mereka. Mereka berdua selalu ingat akan pesan dari kedua orang tuanya, “jagalah akhlaq mulia mu dimanapun kamu berada....”. mereka selalu ikhlas menolong sesama, bersikap ramah dan giat bekerja. Setiap hari mereka selalu berangkat ke tempat kerja mereka dengan berjalan kaki bersama, terkadang jika ada uang mereka naik angkot.
  
   
     Suatu hari mereka pulang bekerja berjalan kaki bersama, lalu sang adik berkata, “kak.. tempak kerja kita lumayan jauh ya.. tapi.. 5 kilometer kok capeknya nggak kerasa ya......”. di saat setelah sholat maghrib, sang kakak selalu berdo’a, tetapi sang kakak menambah do’anya, “ya Allah... berilah hambamu ini sebuah motor... agar kami tidak lagi kelelahan berjalan kaki menuju tempat kerja kami.....”. sedangkan sang adik hanya berdo’a sebentar saja, kektika kakak sedang berdo’a, ia sudah bergegas menuju meja makan untuk makan malam. Setelah kakak selesai berdo’a kakaknya pun berkata,”dik.. kamu itu kalau berdo’a yang khusyuk.. jangan terburu - buru.... biar doa’mu di tanggapi oleh Allah......”. si adik hanya tersenyum dan berkata,”terimakasih kak... kakak sudah mengingatkan ku.....”. beberapa hari kemudian sang kakak menerima rejeki yang lumayan banyak, sehingga dia dapat membeli sebuah motor. Lalu si kakak berkata kepada adik nya,”lihat ni.. bener kan omongan kakak... do’a kakak ditanggapi langsung oleh Allah.....”. adik hanya menjawab,”iya kak....”.

     keesokan harinya kakak berdo’a lagi,”ya Allah.. hamba ingin jabatan hamba di naikkan ya Allah.... sudah bertahun2 hamba bekerja tetapi jabatan hamba tidak naik naik ya Allah.......”.sedangkan seperti biasanya, si adik hanya berdo’a sebentar saja. Di pagi harinya, si kakak menerima kabar dari kantor bahwa ia di promosikan menjadi staff. Si kakak kembali menasehati adiknya,” dik.. perbaikilah do’a mu... agar kamu bisa menjadi seperti kakak....”. adik hanya tersenyum dan menjawab,”iya kak... terimakasih kakak selalu mengingatkan ku.....”. keesokan harinya lagi si kakak berdo’a lagi,”ya Allah... berilah hamba istri yang cantik.. baik.. dan soleh ya Allah....”. besoknya si kakak bertemu jodohnya... dan beberapa bulan kemudian mereka menikah dan tinggal di rumah ygang sudah di beli oleh si kakak, sehingga kini adiknya hanya tinggal sendiri di rumahnya yang lama.

     Suatu hari si kakak mampir berkunjung ke rumah adiknya. Saat itu si kakak sengaja tidak memberi tahu adiknya, saat memasuki rumah si kakak tidak sengaja mendengar do’a si adik yang durasinya hanya sebentar. Lalu si kakak terkejut mendengar do’a si adik,” ya Allah.... berilah kakak hamba rizky.. kesehatan.. dan rahmat mu yang berlimpah ya Allah..... ampuni segala dosa – dosanya ya Allah........  dan kabulkan segala permintaan kakak hamba ya Allah......”.
Demikian sebuah cerita tentang akhlaq mulia, semoga bermanfaat......

by: admin (^__^").....

11 komentar: