SELAMAT DATANG DI...

>>> IPOET SITES <<<

Kamis, 08 September 2011

Tips Merawat Tanaman Agar Tumbuh Optimal


  apakah anda memiliki tumbuhan / tanaman ? anda ingin tanaman itu tumbuh sehat dan pertumbuhannya optimal ? oke dah.. aku punya tips - tips nya nii.. jika anda menanam tanaman dengan cara biasa (di taro di pot, kasi pupuk, terus di sirami pake air pam), memang tanaman akan tumbuh dan berkembang. tapi tahukah anda bahwa sebenarnya hal itu belum membuat tanaman tumbuh dan berkembang secara maksimal. agar tanaman anda dapat tumbuh secara optimal, anda bisa mengikuti tips - tips berikut ini:



1. tanamlah tanaman anda di tempat yg memadai.
 jika anda menanamnya di dalam pot, sesuaikan ukuran pot dengan ukuran tanaman. jika pot terlalu kecil, akan menghambat akar tanaman mpenyerap mineral - mineral dalam tanah / media tanam. akibatnya tanaman akan kekurangan mineral untuk melakukan fotosintesis, sehingga energi  yg di hasilkan tanaman kurang maksimal. lebih baik lagi jika tanaman di tanam langsung di dalam lahan tanah.

2. pemilihan pupuk.
 pupuk yg digunakan juga berpengaruh terhadap pertumbuhan. pupuk yg paling baik bagi tanaman adalah pupuk organik, seperti pupuk kompos, pupuk kandang, DLL.

3. waktu penyiraman.
 waktu penyiraman yg paling baik adalah pada saat pagi hari. karna saat tumbuhan melakukan melakukan fotosintesis memerlukan sinar matahari & air. suplai air yg baik dapat membuat tanaman menghasilkan lebih banyak energi untuk pertumbuhan.

4. air yg digunakan untuk menyirami.
 gunakanlah air bak mandi (yg ada di permukaan), karena jika langsung menggunakan air pam di khawatirkan larutan kaporit yg masih terkandung dalam air akan ikut terserap oleh akar tanaman. jika menggunakan air bak mandi larutan kaporit yg terkandung dalam air akan mengendap di dasar bak mandi. sehingga air yg ada di permukaan bak mandi lebih baik. lebih baik lagi jika anda memiliki sumur artesis, anda bisa langsung menggunakan airnya untuk menyirami tanaman.

5. intensitas cahaya matahari.
 usahakan tanaman anda terkena sinar matahari sepanjang hari. jika sinar matahari yg diterima oleh tanaman anda kurang, maka hasil fotosintesis tanaman anda kurang maksimal.

 sayanngilah tanaman anda, karena merekalah penghasil oksigen sehingga kita dapat bernafas / berespirasi.      dengan merawat tanaman anda dengan baik secara tidak langsung anda telah membantu kita mengurangi pemanasan global di bumi kita tercinta.

\ (^__^") /..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar