SELAMAT DATANG DI...

>>> IPOET SITES <<<

Minggu, 23 Juni 2013

Profesi Penting Dalam Kehidupan Sehari-hari Yang Sering Dipandang Sebelah Mata

     Profesi / pekerjaan seseorang masih menjadi sebuah patokan / acuan atas status seseorang dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Kita ambil contoh, seseorang yang memegang suatu jabatan (semisal direktur / manager) dianggap sebagai orang terpandang di dalam masyarakat sekitarnya. Berbeda dengan seseorang yang hanya menjadi karyawan biasa, dia hanya dianggap sebagai orang biasa. Dari cotoh tersebut dapat diartikan, orang yang memiliki jabatan tinggi akan dipandang sebagai masyarakat kelas atas sedangkan orang yang memiliki kedudukan rendah akan dipandang sebagai masyarakat kelas bawah.

     Namun, sadarkah anda bahwa orang-orang yang memiliki profesi dengan kedudukan rendah meliliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah beberapa profesi / pekerjaan yang memiliki peran penting dalam kehidupan sehari-hari yang kerap dipandang sebelah mata oleh kebanyakan orang:


1. OB & Cleaning Service
    Office Boy & Cleaning Service adalah salahsatu kedudukan paling rendah di perkantoran. Namun, mereka memegang peran penting dalam kehidupan sehari-hari dalam perkantoran. Mungkin tugas mereka hanya melayani atasan dan membersihkan area perkantoran. Tetapi, bayangkan bagaimana keadaan sebuah kantor tanpa OB dan Cleaning Service.

2. Tukang sapu jalan
    Pernahkah anda memperhatikan jalan yang sewaktu sore atau malam dalam keadaan kotor dan banyak sampah berserakan di pinggir jalan dan trotoar, dan pada saat pagi hari mendadak jalan tersebut menjadi bersih. Itu adalah jasa dari para tukang sapu jalan. Tidak banyak yang mengetahui profesi mereka, Tetapi, keberadaan mereka sangatlah penting. Bagaimana jadinya jalan yang sehari-hari kita lewati jika tidak ada tukang sapu jalan ? tentunya akan banyak sampah-sampah berserakan di pinggir jalan dan trotoar yang bisa menyumbat saluran air / drainase yang bisa menyebabkan timbulnya banjir, sumber penyakit, dsb.

3. Pengankut Sampah
    Bagi anda yang tinggal di kompleks perumahan, lewat jalan raya, atau pergi ke pasar. Tentunya anda mengetahui tentang profesi ini. Jika anda tinggal di kompleks perumahan, anda akan melihat seseorang yang mengangkut sampah-sampah dari tong sampah menggunakan gerobak / mobil sampahnya. Dan anda pasti pernah melihat sebuah truck / mobil pick up yang mengangkut sampah dari pasar tradisional sampai swalayan di jalanan. Anda pasti berpikiran pekerjaan seperti itu sangatlah kotor, rentan terkena penyakit, tidak menjanjikan, dsb. Namun, bagaimanapun juga keberadaan mereka sangatlah penting. Bagaimana jadinya lingkungan sekitar kita tanpa keberadaan para pengangkut sampah ?.

4. Montir / pekerja bengkel
    Kebanyakan orang menganggap profesi seorang montir di bengkel pinggir jalan sebagai pekerja rendahan. Tetapi, keberadaan mereka sangatlah penting, karena merekalah yang akan menolong anda memperbaiki kendaraan anda yang rusak atau ngadat sehingga anda bisa beraktifitas kembali dengan kendaraan anda. Terlebih jika anda tidak mengetahui tentang mesin, keberadaan mereka sangatlah diperlukan.

5. Penjaga portal / palang kereta api
    Saat anda hendak melintas di sebuah rel kereta api tentunya anda akan melihat sebuah pos penjaga di sebelah rel kereta api. Profesi seperti ini masih dianggap tidak menjanjikan masa depan. Tetapi, mereka yang bertugas di pos tersebutlah yang berjasa mengamankan / menjaga anda tetap aman saat ada kereta api yang melintas dengan memberi isyarat menurunkan palang berwarna merah dan putih yang di ikuti oleh suara sirine, sehingga anda tidak tertabrak saat kereta api melintas dan dapat melintasi rel kereta api dengan selamat. Bahkan mereka rela untuk tidak berlibur dan bertemu sanak saudara saat tanggal merah atau hari besar sekalipun demi keselamatan anda melintasi rel kereta api.

     Diatas adalah beberapa profesi yang memegang peran penting dalam kehidupan sehari-hari, namun kita sering memandang mereka yang berprofesi seperti diatas dengan sebelah mata dan bahkan mungkin kita tidak pernah menganggap mereka ada. Sebenarnya masih banyak lagi profesi seperti ini, namun saya hanya mengambil beberapa contoh saja. Sebenarnya mereka layak mendapatkan sebuah penghargan atau kehidupan yang lebih layak mengingat jasa mereka yang sangat penting.

     Marilah mulai dari sekarang kita hargai mereka, jangan pandang mereka dengan sebelah mata. Karena tanpa kita sadari mereka memegang peran penting dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar